Tuesday, February 19, 2019

Menghindari injeksi iklan telkom bagi pengguna internet indihome


Pengguna internet telkom kadang di hadapkan dengan koneksi yang kurang responsif, sebab karena adanya injek iklan telkom yang terdistribusi ke “semua” pelanggannya, injeksi ini dalam teknisnya berupa kode iklan yang terlampir dalam halaan web yang kita buka melalui jaringan Telkom.
Kadang memang tidak begitu mempengaruhi, namun kadang kode iklan tersebut membuat load halaman menjadi lebih lama, bahkan membuat halaman tidak sempurna atau terjadi error code, terlebih web yang berbasis java script.
Cara mengatasinya, yang sudah kami lakukan adalah bias dengan 2 cara, yaitu dengan membuat tunnel dns pada router atau juga bias dengan menggunakan vpn. Dalam kasus ini akan kami ulas bagaimana cara menghindari iklan tersebut dengan menggunakan keduanya.
1.       VPN
atau yang disebut virtual privat networking adalah koneksi yang terbangun secara peer to peer dan memfungsikan gateway baru yang diberikan oleh server vpn, artinya koneksi Telkom hanya sebagai jembatan saja, dan lalu lintas data kita di cover dan di carikan oleh server vpn. Ok, kita mulai, banyak penyedia vpn, saya sarankan untuk memilih vpn yang berbayar, karena akan sangat terasa berbeda dengan yang versi gratis, seperti waktu koneksi yang terbatas, kecepatan koneksi dan lainnya untuk versi free. Berikut beberapa penyedia layanan vpn premium (kami tidak disponsori) :
·         https://hide.me
·         https://www.klikvpn.com
·         http://juraganvpn.com/
·         https://nordvpn.com/
anda bias menggunakan salah satu layanan vpn premium diatasa, dengan cara registrasi membuat akun dan pilih layanannya, ada yang masa produknya bulanan dan tahunan, dengan harga yang berbeda. Setelah mendaftar dan membeli layanan, selanjutnya download aplikasi vpn client, install pada computer server / setup pada router atau device yang ingin anda gunakan vpn sebagai koneksinya dan klik connect, semua penyedia layanan diatas ada dokumentasi penggunaannya.

2.       Tunneling DNS router mikrotik
Untuk tunneling ini khusus bagi pengguna router mikrotik (router lain berbeda caranya, bisa kontak kami akan coba kami bantu), fitur yang digunakan adalah “port forwording”, tidak harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan cara ini, kami menggunakan layanan DNS over HTTPS (DoH) melalui port 443, jadi request dns melalui port 53 di router askan di arahkan ke open dns melalui port 443. Caranya buka terminal mikrotik, dan pastekan code berikut dibawah :

/ip firewall nat
add action=dst-nat chain=dstnat comment="NS Ad" disabled=yes dst-port=53 protocol=udp src-address-list=nofil to-addresses=1.1.1.1 to-ports=443
add action=dst-nat chain=dstnat disabled=yes dst-port=53 protocol=tcp src-address-list=nofil to-addresses=1.0.0.1 to-ports=443

lalu tekan enter, dan selesai. Untuk mempercepat cleare chace, anda bisa merestart router dan device yang anda gunakan. Alternatif ip open dns, dapat digantikan pada kode diatas pada bagian nilai to-address, ip tersebut (208.67.220.220 dan 208.67.220.220).

Sekian, semoga bermanfaat, untuk informasi lebih lanjut bisa kontak kami melalui whatsapp di nomor berikut 085643652461.